Kamis, 12 September 2013

Pasar Industri Pariwisata di Indonesia

Survei wisatawan asing oleh tim Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Universitas In­donesia, khususnya mengenai maksud berkunjung ke Indonesia, menemukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Wisata untuk bersenang-senang sangat dominan di kalangan wisatawan yang berumur 20 tahun ke bawah. Mereka yang berkunjung dengan tujuan bisnis dan dinas resmi lebih banyak dalam kelompok umur 31-50 tahun dibanding kelompok umur lainnya.
  2. Wisatawan yang tiba dengan tujuan mengunjungi kawan/keluarga proporsi paling besar berasal dari kalangan umur 20 tahun ke bawah, sedangkan proporsi kunjungan berasal dari kelompok umur yang lain perbedaannya tidak menyolok. 
  3. Tingkat pendidikan mempengaruhi maksud seseorang untuk berwisata. Wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dengan maksud bersenang-senang cenderung semakin tinggi pendidikannya semakin sedikit jumlahnya, sedangkan untuk urusan bisnis atau rapat dinas kebanyakan dari golongan berpendidikan tinggi. 
  4. Kecenderungan mengenai maksud kunjungan ke Indonesia di antara wisatawan pria dan wisatawan wanita tidak memperlihatkan adanya perbedaan. Sebagian besar dari wisatawan pria dan wisatawan wanita berkunjung ke Indonesia dengan tujuan bersenang-senang. 
  5. Pada umumnya wisatawan dari berbagai jenis pekerjaan datang dengan maksud bersenang-senang di Indonesia, kecuali tenaga ahli (profesional) dan manajer. Dibandingkan dengan jenis pekerjaan yang lain, wisatawan dari kedua kelompok terakhir ini datang di Indonesia dengan tujuan bisnis atau urusan yang berhubungan dengan pekerjaannya/tugasnya.
  6. Pejabat pemerintah, sebagaimana dapat diduga, paling banyak berkunjung ke Indonesia untuk dinas atau kunjungan resmi. Tenaga ahli berkunjung juga untuk menghadiri rapat atau konferensi. Maksud mengunjungi keluarga dinyatakan oleh kelompok anggota militer dan mahasiswa.   
Dalam hal pola kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, diperoleh gambaran sebagai berikut:
  1. Kebanyakan wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia untuk pertama kalinya. Memang ada juga yang berkunjung untuk kedua dan ketiga kalinya akan tetapi jumlahnya tidak begitu besar. 
  2. Wisatawan asing yang datang ke Indonesia ternyata sebagian besar mengurus sendiri perjalanannya, sedangkan yang mengikuti package tour hanyalah sebagian kecil.
  3. Tentang teman berwisata diperoleh gambaran, bahwa sebagian besar wisatawan asing datang berteman itu, yang paling banyak adalah pasangan suami istri, disusul mereka yang terkecil adalah mereka yang datang bersama keluarga (suami-istri bersama anaknya).
  4. Mengenai urutan banyaknya kunjungan beberapa kota di Indone­sia ternyata Jakarta menempati urutan yang pertama, menyusul Denpasar kemudian Yogyakarta, lalu berturut-turut Medan, Ban­dung, Surabaya, Padang, dan Ujung Pandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar