Selasa, 10 September 2013

Komponen dan Prasarana Pariwisata

Komponen Pariwisata meliputi :
A.   Objek dan Daya Tarik Wisata
1.   Objek wisata adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, seperti pemandangan alam, panorama indah, hutan rimba dan tumbuhan hutan tropis dan hewan-hewan langka.
2.   Karya manusia seperti museum, peninggalan sejarah, seni budaya, wisata agro dan wisata tirta (termasuk wisata bahari di dalamnya).
3.   Sasaran wisata minat khusus seperti berburu, mendaki gunung, industri dan kerajinan, sungai air deras dan lain-lain.

B.    Promosi dan Pemasaran Pariwisata
Promosi wisata merupakan satu rancangan untuk memperkenalkan atraksi yang ditawarkan dan cara bagaimana atraksi dapat dikunjungi. Promosi dapat dilakukan melalui pengiriman dan wisata atau mengadakan pameran wisata.

C.    Pasar Wisata (masyarakat pengirim wisatawan)
Informasi mengenai trend perilaku, keinginan, kebutuhan, asal, motivasi dan sebagainya dan wisatawan perlu dikumpulkan dari pengunjung yang berlibur. Hal ini diperlukan untuk menetapkan kebijakan di bidang Pariwisata sehingga dapat memotivasi untuk melakukan Perjalanan wisata.

D.   Sarana dan Prasarana Pariwisata
Pengembangan industri pariwisata membutuhkan sarana dan prasarana pariwisata yang mempunyai kaitan dan hubungan yang sangat luas dan dapat menggerakkan sektor-sektor lainnya dalam perekonomian suatu daerah. Sarana dan prasarana pariwisata dapat menentukan jumlah dan lama tinggal wisatawan, besar pengeluaran wisatawan dalam kawasan wisata. Sarana kepariwisataan dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu :
1.    Sarana Pokok
Sarana pokok berupa perusahaan-perusahan yang usahanya sangat tergantung kepada lalu lintas wisatawan dan perjalanan lainnya. Sarana tersebut menyediakan fasilitas pokok untuk memberikan pelayanan. Penyedia fasilitas pokok ini dibagi dua kelompok. Kelompok pertama adalah perusahaan yang kegiatannya merencanakan perjalanan wisatawan, misalnya: biro perjalanan, perusahaan transportasi dan penyelenggara perjalanan lainnya. Kelompok kedua berfungsi memberikan pelayanan di daerah tujuan wisata, misalnya: hotel, losmen, restoran dan lain-lain.

2.   Sarana Pelengkap
Sarana pelengkap meliputi fasilitas yang dapat melengkapi sarana pokok sedemikian rupa sehingga wisatawan lebih lama tinggal di tempat yang dikunjunginya. Sarana ini berupa fasilitas yang ada hubungannya dengan rekreasi dan olahraga, misalnya : lapangan golf, lapangan teknis, berburu dan sebagainya.

3.     Sarana Penunjang
Sarana penunjang ini berfungsi agar wisatawan lebih banyak membelanjakan uangnya, misalnya: klub malam, kasino, opera dan lain-lain. Sarana ini tidak mutlak pengadaanya karena tidak semua wisatawan senang dengan kegiatan ini.

Prasarana Pariwisata yang meliputi fasilitas yang memungkinkan perekonomian dapat berjalan lancar, sehingga memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Fungsi prasarana pariwisata adalah melengkapi sarana pariwisata. terdiri dari :

a.    Prasarana Umum
Prasarana ini menyangkut kebutuhan umum bagi kelancaran perekonomian, yaitu penyediaan air bersih, pembangkit tenaga listrik, jaringan jalan raya, pelabuhan udara, terminal dan telekomunikasi.

b.    Kebutuhan Masyarakat Umum
Prasarana ini meliputi rumah sakit, apotik, bank, kantor pos, kantor polisi dan kantor pemerintah

1 komentar: