Senin, 06 Mei 2013

SUMBERDAYA IKAN



a.     Kelompok Finfish
·         Ikan Arwana
http://arwanaku.files.wordpress.com/2008/06/super-red.jpg
Ikan arwana memang eksotis. Bentuk tubuhnya yang gagah, dan warna sisiknya yang mempesona membuat ikan ini banyak digemari orang. Apalagi banyak juga yang meyakini, ikan arwana merupakan ikan keberuntungan. Salah satu jenis ikan arwana unggulan adalah arwana super red. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Yang terpenting diperhatikan dalam memelihara ikan arwana adalah air kolamnya. Karena ikan arwana menyukai air yang jernih dan volumenya cukup. Rata - rata kedalaman air kolam ikan arwana antara 1,5 meter hingga 2 meter.
Selain itu, yang perlu diparhatikan juga adalah pakannya, juga saat bertelur, induk ikan dipisahkan agar telurnya tetap utuh
·     
    Ikan Patin
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgadCk8CtTaO7yQ4UAvzfGl3nZmjdPAQwJkIHUZunwoAfW7cZk1yTxUgEyDVhbYuyOlcs766AkApNZMk1p-8-NCaD1TZ-IUiCHskmU9taVquIQHGnUIeZ3zK7_GcmM8epKGj-PADMJ3IKgR/s1600/ikan_patin.jpg
Ikan patin atau dalam bahasa latinnya disebut Pangasius hipothalmus merupakan ikan konsumsi budidaya ikan air tawar unggulan. Keunggulan ikan patin, dagingnya gurih, mengandung banyak lemak, dan tidak banyak duri. Harganya yang stabil dan cukup tinggi membuat usaha budidaya ikan patin ini menjanjikan keuntungan.
Proses pembenihannya memerlukan pengetahuan tersendiri. Sehingga tidak semua petani ikan air tawar dapat mengawinkan induk ikan patin jantan dan betina sehingga menghasilkan anakan yang berkualitas baik. Untuk menghasilkan anakan ikan patin dilakukan proses pembenihan di kolam yang disebut bak hatchery. Dibak ini dipasang aerator sehingga pasokan oksigen terjaga.

·         Ikan Bawal
http://pemancing.com/wp-content/uploads/2009/05/ikan-bawal1.jpg
Ikan bawal air tawar atau Colossoma macropomum adalah salah satu ikan unggulan budidaya perikanan air tawar. Kelebihan ikan bawal ini, ukuran badannya cukup besar, dagingnya gurih, dan tidak banyak duri. Dari sisi rasa, ikan bawal air tawar tidak kalah lezat dibanding ikan bawal air laut.
Usaha yang dilakukan mulai dari pemijahan. Untuk pemijahan menggunakan indukan yang dipelihara di kolam tanah. Induk bawal ini baru dipindahkan bila akan dilakukan proses pemijahan.


b.    Kelompok Mollusca
Dari Gastropoda, abalon (Haliotis spp) terkenal sebagai makanan dari laut yang lezat. Negara yang terbanyak mengkonsumsi abalon adalah Jepang, Cina, Amerika Serikat, negara-negara di Asia Tenggara dan Eropa. Peternakan abalon secara komersial di seluruh penjuru dunia saat ini memproduksi abalon untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat.

·         Haliotis tuberculata

http://www.idscaro.net/sci/05_hali/pics_hali/tuberculata_t_galicia01.jpg



·         Haliotis ovina
http://www.gastropods.com/Shell_Images/G-L/Haliotis_ovina_2.jpg


·         Haliotis squama
http://2.bp.blogspot.com/-fNy-xvBawbM/T-66LisZZpI/AAAAAAAAEIA/GXGzbmqBe5c/s550/Sea-ear-shell-%2528Shijueming%2529.jpg


c.      Kelompok Crustacea
Seperti halnya Mollusca, filum Arthropoda, khususnya kelas Crustacea, juga mempunyai banyak sekali jenis-jenis yang dimakan atau dimanfaatkan untuk keperluan lain. Udang karang dari marga Panulirus yang menghuni karang berperan penting dalam perikanan laut tropik, termasuk perairan Australia. Jenis ini menjado komoditi perikanan ekspor yang penting. Dari Brachyura, contohnya ranjungan juga menjadi komoditi perikanan penting di Indonesia.

·         Panulirus interruptus
http://www.marinelifephotography.com/marine/arthropods/lobsters/panulirus-interruptus.jpg


·         Panulirus ornatu
http://freshscience.org.au/wp-content/uploads/tropical_rock_lobster_cooked.jpg


·         Portunus holsatus
http://www.klissurov.dir.bg/black_sea/crustaceans/big/PortunusHolsatus04.jpg


d.    Kelompok Echinodermata
Teripang (Holothuroidea) merupakan kelompok hewan laut satu-satunya dari filum Echinodermata yang secara luas dimanfaatkan dan diperdagangkan. Berbagai jenis teripang dikumpulkan hanya dengan tangan atau menggunakan tombak bermata pisau tiga. Sebelum diperdagangkan, teripang harus diolah dahulu melalui proses yang cukup panjang.

·         Holothuria atra
http://www.poppe-images.com/photo/collection/920000/web/924631.jpg


·         Holothuria forskali
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/8f/Holothuria_forskali_Rab2011_h_3798.JPG


·         Holothuria lineata
http://calphotos.berkeley.edu/imgs/512x768/4444_4444/0113/1509.jpeg


·         Holothuria tubulosa
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/13/Holothuria_tubulosa_Lefkada09_7769.JPG

 
e.      Kelompok Coelenterata
Marga Corallium terkenal karena koloninya secara utuh dapat digunakan sebagai bahan dekorasi. Lebih dari itu, kerangka dalamnya yang keras dan berwarna-warni seperti permata dapat dibuat perhiasan atau asesori. Biasanya yang mahal adalah Corallium rubrum yang berwarna merah darah. Berbagai jenis batu karang yang sering ditemui dan dimanfaatkan sebagai bahan dekorasi maupun pelengkap pertanaman (Bonsai). Batu karang sebagai hasil kegiatan biologi hewan karang juga banyak digunakan sebagai hiasan untuk cindera mata dan untuk keindahan akuarium.

·         Corallium rubrum
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d0/Corallium_rubrum.jpg

 
·         Corallium skel
http://a2.att.hudong.com/70/68/01300000025823127181686993384.jpg


·         Corallium polipi
http://www.expo-med.it/img/aree_marine/7/4.jpg


f.      Kelompok Algae
Gracilaria verrucosa
Nama Latin: Gracilaria verrucosa (Hudson) Papenfuss;





http://www.aquaportail.com/aquabdd/photos/gracilaria-verrucosa.jpg
Gracilaria verrucosa.gif




Spesifikasi:
Thalli silindris, licin, berwarna kuning-coklat atau kuning hijau. Percabangan berselang seling tidak beraturan, kadang-kadang berulang-ulang memusat ke bagian pangkal. Cabang-cabang lateral memanjang menyerupai rambut, ukuran panjang sekitar 250 mm dan d

Sebaran:
Di alam terdapat menempel pada substrat batu atau benda. lainnya. Alga jenis ini sekarang merupakan tanaman budidaya di tambak yang banyak dijumpai di daerah Takalar, Sulawesi Selatan.

Potensi:
Sebagai bahan baku pabrik agar-agar di dalam negeri dan juga merupakan komoditas ekspor. Sudah dibudidayakan di tambak. Mengandung bahan untuk agar. Untuk Ekspor ke Jepang. Budidaya rumput laut untuk pembuatan agar. Potensi ekonomi 1 ha = 5 ton



Jania adherens
Nama Latin: Jania adherens Lamouroux;

http://www.iptek.net.id/ind/pd_alga/images/Hypnea%20cornuta.gif

Spesifikasi:
Alge tumbuh tegak, rimbun, menempel pada substrat dengan sejenis cakram perekat, memiliki variasi warna kehijauan, coklat, kemerahan dan kekuningan, tinggi bisa mencapai 30-40 cm. Keseluruhan thalli silindris, sumbu utama bisa mencapai diameter 10-15 mm.

Sebaran:
Habitat: Hidup dizona pasang surut hingga ke zona subtidal. Selalu menempel pada batu karang atau substrat padat lainnya. Biasanya menghuni perairan yang relatif tenang (seperti teluk atau selat yang terlindung). Sebaran: Asli alge tropis. Banyak di

Potensi:
Manfaat: Alge ini dipakai sebagai sumber fikokoloid karaginan yang selanjutnya dipakai oleh berbagai industri makanan, farmasi, kosmetik dan lainnya. Masyarakat memakainya untuk dibuat jeli tradisional dan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar