Selasa, 07 Mei 2013

JARING INSANG (GILLNET)



JARING INSANG (GILLNET)

http://www.jasonhalfenoutdoors.com/gillnetlg.gif 

Jaring insang pertengahan multifilamen dengan saran merupakan alat penangkap ikan berbentuk lembaran jaring empat persegi panjang yang mempunyai ukuran mata jaringmerata. Lembaran jaring dilengkapi dengan sejumlah pelampung yang dipasang pada bagian atas dan atau tanpa sejumlah pemberat yang dipasang pada bagian bawah jaring. Komponen Jaring insang pertengahan multifilamen dengan saran terdiri dari tali-temali (tali pelampung), lembaran jaring dengan saran (tubuh/badan jaring) serta beberapa pelampung. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penangkapan ikan; pada umumnya tubuh atau badan Jaring insang dan tali-temali tebuat dari serat sintesis. Sedangkan pelampung tebuat dari polyvinyl chloride (PVC) hasil produksi pabrik, yang umumnya dipergunakan oleh para nelayan perikanan skala menengah. Pemberat tebuatdari cetakan timah hitam dari hasil pabrikan atau pemberat tebuat dari cetakan beton semen cor dan dari besi beton eser berbentuk lingkaran. Dengan adanya keanekaragaman tipe dan jenis bahan/material yang dipergunakan untuk rancang bangun Jaring insang, sudah sewajarnya dilakukan penganalisaan atau pengkajian teknis setiap tipe Jaring insang secara bertahap guna mengetahui karakteristik konstruksinya yang pada gilirannya dapat mengetahui perbedaan bentuk konstruksinya dari setiap tipe Jaring insang

  1. Jaring
Jaring merupakan lembaran yang teridiri dari berbagai mata yang mana ikan akan menabrak dan terjerat. Mata jaring diukur dari jarak antara tengah-tengah dua titik simpul yang berlawanan pada mata jaring yang sama bilaman jaring ditarik (Gambar 5.2). Ukuran mata jaring dapat mencapai beberapa milimeter sampai 50 cm khususnya untuk penangkapan ikan hiu. Diameter benang yang digunakan mulai dari 0,05 mm (kekuatan putus sekitar 1-2 kg) sampai 2,5 mm (kekuatan putus 200-300 kg).
Ada tiga tipe material jaring yang digunakan untuk jaring insang :
-       Monofilamen
-       Multi-monofilamen
-       Multifilamen

  1. Tali pelampung
Komponen ini merupakan tali yang mana pelampung berada dan disambung dengan bagian atas dari badan jaring. Biasanya digunakan tali yang mempunyai daya apung (polypropilene atau polyethilene) dan berdiameter dari 3 mm sampai 30 mm tergantung pada ukuran mata jaring yang digunakan dan kekuatan yang diperlukan.

  1. Pelampung
Pelampung dibuat dari gabus, pelampung plastik bertekanan, atau material sintetik. Pelampung terdiri dari berbagai bentuk, ukuran dan daya apung dengan penggunaannya tergantung pada tipe jaring insang yang digunakan dan aplikasinya. 

  1. Tali pemberat
Tali pemberat dihubungkan dengan bagian bawah badan jaring, biasanya mempunyai daya tenggelam (bahan dari polyamide) dan berdiameter antara 3 mm sampai 20. Tali pemberat biasanya mempunyai diameter lebih kecil dari tali pelampung tergantung dari ukuran mata jaring dan kekuatan yang digunakan. 

  1. Hanging (gantungan)
Haning terdiri dari tali yang disambungkan badan jaring pada tali pelampung atau tali pemberat sesuai dengan hanging ratio yang diinginkan. Benang yang digunakan sebagai hanging (gantungan) adalah multifilamen yang telah dipilin sehingga terbentuk tali dengan kekuatan putus yang lebih besar dari badan jaring.

1 komentar: