Sabtu, 20 April 2013

Masyarakat Desa

http://jharismoyo.files.wordpress.com/2010/10/antropologi.jpg
  • Menurut Koetjaraningrat (2002), masyarakat desa adalah semua kesatuan hidup manusia yang bersifat menetap dan trikat oleh satuan adat istiadat dan rasa identitas bersama.
  • "Masyarakat desa adalah sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, cukup lama hidup bersama, mendiami suatu wilayah tertentu, memilki kebudayaan yang sama, dan melakukan sebagian besar kegiatannya di dalam kelompok tersebut". Menurut Horton (1991), dalam Satria (2002).
  • ”Masyarakat desa adalah kelompok manusia yang telah hidup dn bekerja sama cukup lama sehinga mereka dapat mengatur dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan bata-batas yang dirumuskan secara jelas”. Menurut Linton (1956), dalam Satria (2002).
  • ”Masyarakat adalah kelompok manusia yang hidup bersama dan bercampur dalam waktu yang lama, sadar sebagai suatu kesatuan serta sadar sebagai suatu sistem hidup bersama”. Menurut Soekanto (1990), dalam Satria (2002).
  • Menurut Shadily (2008), Masyarakat desa adalah golongan besar atau kecil dari beberapa manusia yang dengan atau karena sendirinya bertalian secara golongan dan mempunyai pengaruh kebatinan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar